Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh... ,Rohis SMKN 1 Purbalingga blog - Semoga bermanfaat!Aamiin...|Rohis-Smega| Alhamdulillah,Luar Biasa,Allahu'akbar,Yes ! :D -

Wednesday, July 25, 2012

10 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Assalamu'alaikum wr. wb . .:)
Siapa yang merasa mulutnya bau saat berpuasa ,acungkan jari?hhe...engga dong.:D ,pasti semua orang yang berpuasa mengalami hal tersebut,tapi sebenarnya hal itu lumrah dan sah sah saja,malah nantinya di Akhirat nanti mulut kita jadi harum mewangi seperti minyak kasturi.:D
Hm...tapi tidak ada salahnya juga jika kita mencoba tips berikut untuk mengatasi bau mulut saat berpusasa.
Selamat Menyimak ! :D

Di antara hal yang sering dirasakan saat kita berpuasa adalah timbulnya bau mulut tak sedap. Hal ini timbul karena produksi saliva untuk mencegah bau mulut akan berkurang seperti biasanya setiap kita makan, sehingga bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.

Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag. Untukmengatasi bau mulut saat puasa, maka berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menuntaskannya.
  1. Rajinlah menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari.
  2. Hindari makanan-makanan yang diketahui menimbulkan bau mulut menyengat seperti petai, durian, atau bawang.
  3. Perbanyak minum air putih ketika sahur dan berbuka untuk menjaga kesimbangan air dalam tubuh.
  4. Konsumsi makanan probiotik untuk membantu kesehatan pencernaan dan mencegah bau mulut.
  5. Hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol(kadar rendah maupun tinggi) yang dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.
  6. Konsumsi buah dan sayuran seperti apel, wortel, dan bengkuang.
  7. Rempah-rempah seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary, dan kapulaga yang sangat baik untuk memerangi bau mulut.
  8. Konsumsi vitamin C seperti berry, jeruk, dan melon karena dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Sebaiknya dapatkan makanan/buah-buahan yang mengandung vitamin C, bukan dari suplemen, karena suplemen justru memperparah bau mulut.
  9. Konsumsi keju karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  10. Jangan terlalu sering menggunakan obat kumur. "Boleh pakai obat kumur tapi jangan sering-sering, mungkin hanya di malam hari," ujar drg. Eky. Di dalam mulut terdapat bakteri jahat dan bakteri baik yang harus dijaga keseimbangannya.
bagaimana ? ingin coba tips ini? coba boleh ,tidak juga boleh?semua kembali ke masing",
Terimakasih :D


Edited by ROF Blog

0 comments:

Post a Comment

Iqro !

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More