Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh... ,Rohis SMKN 1 Purbalingga blog - Semoga bermanfaat!Aamiin...|Rohis-Smega| Alhamdulillah,Luar Biasa,Allahu'akbar,Yes ! :D -

Wednesday, July 25, 2012

Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan. Kita para kaum muslim telah memasuki bulan Ramadhan,dimana bulan penuh dengan Rahmat dan Berkah.

Bagi umat Islam, waktu berpuasa di Bulan Ramadhan dimulai mulai dari waktu Subuh sampai waktu Maghrib tiba, kalau di akumulasikan waktunya kurang lebih dari 14 jam tanpa makan dan minum.

Meskipun begitu, bukan halangan untuk tetap bisa produktif selama berpuasa di bulan yang penuh dengan Rahmat dan Berkah atau di bulan Ramadhan. Artikel Kesehatan kali ini kami akan share beberapa Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Berikut adalah Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan :

1. Pada Saat Sahur
    • Biasakan meminum sedikit teh hangat setelah bangun. Setelah bangun tidur biasanya kita masih mengantuk dan lidah masih kurang berselera menyantap makanan.
    • Teh dapat membuat kita terjaga selama beberapa puluh menit kedepan. Rasa hangat air teh juga melancarkan aliran darah di lidah dan mulut sehingga kita lebih berselera makan sahur.
    • Makan karbohidrat kompleks. Yang termasuk karbohidrat kompleks adalah beras, kentang, gandum. Jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna sehingga lebih awet kenyang disiang hari. 
    • Cukup serat. Selain baik untuk pencernaan, serat juga memperlambat pelepasan glukosa dalam darah. Sumber serat yang baik berasal dari buah-buahan dan sayuran. 
    • Minum yang cukup. Ini supaya tubuh terhidrasi dengan baik sebelum menjalankan puasa disiang hari. Total cairan yang dikonsumsi selama sehari semalam minimal delapan gelas sehari. 
    • Santap hidangan sahur pada saat mendekati waktu imsak.

2. Pada Saat Siang Hari
    • Tidur sebentar jika memungkinkan. Dengan bangun sahur dini hari memotong waktu tidur kita, terutama ibu rumah tangga yang harus mempersiapkan makan sahur sebelum anggota keluarga lain bangun. Jika mengantuk tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur disiang hari agar tubuh menjadi lebih segar kembali. 
    • Tetap melakukan aktifitas. Pada saat puasa metabolisme tubuh menurun, jika kita menghabiskan waktu untuk tidur atau bermalas-malasan selama kita berpuasa tanpa melakukan aktifitas, stamina justru semakin menurun sehingga terasa lebih lemas. Isilah waktu dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. 
    • Hindari terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Terkena panas matahari terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengurangi panas tubuh pakai pakaian yang dingin dan mandi jika perlu.

3. Pada Saat Berbuka Puasa
    • Mulai dengan makanan atau minuman dengan kadar glukosa tinggi atau manis-manis karena glukosa mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi kita dengan cepat. 
    • Jangan langsung pada makanan utama. Setelah memakan manis-manis biarkan beberapa menit supaya pencernaan dapat beradaptasi setelah belasan jam tidak aktif memproses makanan. Ada baiknya untuk membagi porsi makanan sedikit pada saat buka puasa dan dilanjutkan dua jam setelahnya atau selepas shalat tarawih. 
    • Hindari makanan fast food. Sudah menjadi kebiasaan terutama anak muda untuk mencari makanan diluar saat bulan puasa. Banyaknya restoran fast food membuat tempat makan ini banyak dikunjungi pada saat bulan puasa. Fast food umumnya mengandung kolesterol, garam dan lemak yang tinggi dengan kandungan serat dan variasi gizi yang rendah. Perlu diingat tubuh memerlukan Nutrisi Yang Optimal saat berbuka puasa bukan dengan makanan yang justru dapat merusak kesehatan

Bagaimana teman-teman dengan Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan ini. Bagi teman-teman yang ingin menambahkannya tips nya kami sangat senang dengan menorehkannya pada kolom Comment di bawah ini ya.

Semoga Tips kesehatan ini dapat membantu mengurangi beberapa masalah yang mungkin terjadi pada saat puasa dan membuat kita tetap produktif dan aktif sepanjang hari selama melakukan aktifitas di bulan Ramadhan ini.

4 comments:

afwan linkx sdh aq pasang.., *smile

Kunjungan Perdana Sahabat, Salam Kenal ya.

@ Rohis Facebook : :D ,Jazzakumullah. . .terimakasih sudah mau berkunjung :D,semoga bermanfaat

@Laurencius : Terimakasih...:) semoga Allah senantiasa melindungi afwan..:)

Post a Comment

Iqro !

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More